LATSAR Study Teater HOHA


                Hai, sobat wiks! Pada hari Sabtu-Minggu, 16-17 Maret 2019 Study Teater HOHA SMA Negeri 3 Surakarta melaksanakan Latihan Dasar Teater atau ''LATSAR''. Apa sih LATSAR itu? LATSAR adalah latihan yang diadakan tiap tahun yang bertujuan untuk mendalami tentang teater. Yang dapat dipelajari dari LATSAR yaitu, vokal, fokus, konsentrasi, dan lain-lain. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mempererat persaudaraan dan menambah wawasan tentang teater.
                Hari pertama LATSAR diawali dengan pemaparan materi tentang teater yang dilakukan oleh alumni. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan kondusif. Kegiatan-kegiatan selanjutnya pun semakin seru. Kegiatan tersebut antara lain pemaparan materi penyutradaraan dan materi vokal. Kegiatan ini dilakukan sambil berjalan mengelilingi kawasan kampus UNS . Pemaparan materi penyutradaraan juga dilakukan oleh alumni dari study teater hoha. Pemaparan materi penyutradaraan hanya dilakukan sebatas sharing. Sedangkan diwaktu pemaparan materi vokal anggota study teater diajak untuk melatih pernafasan dan memperagakan berbagai emosi. Emosi yang diperagakan antara lain marah, senang, dan sedih. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Ada salah satu peserta yang memperagakan peran marah dan mengeluarkan emosinya. Setelah kegiatan ini selesai, para peserta kembali ke tempat awal dan melakukan kegiatan lain yaitu ishoma.
                Hari kedua LATSAR diawali dengan lari pagi. Setelah itu sesi materi tentang olah tubuh oleh Mas Dodok. Sesi ini berjalan dengan menyenangkan. Peserta diberi waktu ishoma selama satu setengah jam. Pukul 09.30, sesi literasi dimulai. Selama literasi, peserta mendalami tentang puisi. Ada salah satu peserta yang memperagakan puisi buatannya sendiri. Setelah itu dilanjutkan dengan sharing seluruh anggota study teater hoha dan pemilihan ketua muda. Sesi ini berlangsung dengan santai tapi tetap serius. "LATSAR ini seru banget tapi ada capeknya. Kita bisa mempelajari teater lebih dalam lagi. Semoga LATSAR tahun depan dapat berjalan lebih lancar lagi, nggak molor, dan full team" kata Carissa Hastya, ketua muda terpilih.
                Tiba dipenghujung acara, seluruh panitia mengucapkan terimakasih kepada peserta LATSAR yang sudah mengikuti kegiatan ini. "Alhamdulillah lancar, seru, menyenangkan dan saya bangga dengan angkatan 38. Tetep dijaga persaudaraannya dan terus berusaha serta berkarya menjadikan study teater lebih eksis" kata Titin Dwi Ariyanti selaku Ketua Pelaksana. Eko Wiyanto, pembimbing study teater hoha juga bersyukur karena acara ini berjalan dengan lancar. Beliau berpesan semoga mereka dapat melakukan sesuatu yang baik untuk diri mereka sendiri melalui study teater. Kegiatan LATSAR ditutup dengan sesi foto bersama.



Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.