MPLS 2017/2018 Hari Pertama

            Hai sobat wiks! Jumpa lagi kali ini kita akan membahas seputar MPLS di SMAN 3 Surakarta. Sudah menjadi hal wajib setiap tahun bagi kelas 10 untuk mengikuti MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Dengan adanya MPLS, murid kelas 10 diajak untuk mengenal lingkungan sekolah secara lebih dekat lagi, mengingat kelas 10 yang baru memasuki ke jenjang yang lebih tinggi yaitu SMA. Hari pertama MPLS pada hari Senin, 17 Juli 2017 diawali dengan dengan upacara pembukaan yang diikuti seluruh siswa SMAN 3 Surakarta. Tahun ini sama seperti tahun – tahun sebelumnya  MPLS diadakan di SMAN 3 Kerkoff dan pelaksanaan dibagi menjadi 2 kelompok. Kelas Nusa berada di Aula sedangkan Kelas Bangsa berada di foodcourt.
Kemudian dilanjutkan sesi pertama MPLS yaitu pengenalan tata tertib dan struktur sekolah oleh Bapak Sri Widodo selaku wakil kepala sekolah bagian kesiswaan. Kegiatan berlangsung secara kondusif, juga para peserta MPLS mengikuti kegiatan dengan baik dan tertib.
Setelah kegiatan tersebut selesai dilanjutkan dengan sesi selanjutnya, Wawasan Wiyata Mandala dan Adiwiyata oleh Drs. Muh. Ichsan. Pada sesi ini, beliau membahas tentang lingkungan smaga yang diharuskan untuk menjaga kebersihan lingkungan smaga. Pada sesi dengan durasi 60 menit ini pastinya membuat siswa siswa lelah dan kurang semangat. Setelah sesi ini, agenda siswa siswi kelas 10 adalah istirahat selama 30 menit agar mengembalikan semangat siswa didik bru untuk melanjutkan agenda-agenda selanjutnya.
Setelah istirahat selesai, siswa kelas 10  diberi bimbingan tentang Nasionalisme dan Karakter Bangsa yang diisi oleh Drs. Barkah Rajarja, M.Pd. Disini siswa-siswi akan dididik bagaimana cara menjadi remaja yang mempunyai karakter yang baik dan rasa nasionalisme tinggi, setelah sesi tersebut, siswa dilanjutkan oleh kegiatan keagamaan yang sudah disediakan, dan pada kegiatan ini, siswa akan dipandu oleh guru agama masing-masing. Setelah 60 menit, siswa akan kumpul diaula untuk melanjutkan sesi terakhir pada hari ini yaitu Observasi Lingkungan dan Sarana Prasarana oleh bapak Kustiarjo S.Pd. Siswa akan diperkenalkan ruangan-ruangan yg ada pada smaga lokasi kerkoff, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang dipandu oleh kakak-kakak osis untuk keliling seluruh smaga dan memperkenalkan setiap ruangannya. Setelah selesai memperkenalkan setiap ruangan, siswa berkumpul kembali pada aula untuk melakukan penutupan sebagai akhir dari kegiatan MPLS pada hari ini.



Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.