Pendidikan dan Pelatihan PMR 24



Hai sobat wiks!! Pada hari Minggu, 15 Januari 2017 telah dilaksanakan diklat Palang Merah Remaja angkatan 24. Acara dimulai pukul 06.30 dan diakhiri pada pukul 14.00 bertempat di SMAN 3 Surakarta Kerkoff. Diklat PMR kali ini dihadiri oleh 26 peserta. Diklat ini bertujuan untuk meresmikan anggota PMR yang baru, menambah informasi materi Palang Merah, dan untuk mempererat silaturahmi antara PMR angkatan 22 sampai 24.

Acara diisi dengan pemberian materi tentang pendidikan PMR, salah satunya mengenai penyakit HIV/AIDS. Acara dilanjutkan dengan test tertulis yang diikuti oleh seluruh peserta diklat. Setelah tes selesai, mereka dibentuk menjadi 4 kelompok untuk mengikuti travelling. Mereka diwajibkan untuk memberi nama dan membuat yel-yel kelompok. Yel-yel yang mereka buat berhasil membuat suasana diklat menjadi lebih santai.

Saat travelling mereka melalui beberapa pos. Pos yang pertama yaitu pos PLS, mereka ditugaskan untuk menjelaskan salah satu materi kepada teman-teman kelompok mereka. Pos kedua yaitu pos yang mengharuskan mereka mempraktekan bagaimana cara mencuci tangan dengan baik. Pos ketiga yaitu pos wawancara. Pos yang keempat adalah pos hafalan, mereka diuji dalam daya ingat mereka. Pos kelima adalah pos simulasi dan praktek pertolongan pertama.

Areta X MIPA 5, berkomentar, “Paling seru pos pertolongan pertama, karena kita dapat dengan langsung mempraktikkan bagaimana caranya melakukan pertolongan pertama. Sedangkan dari Ketua Pelaksana Diklat PMR 24, Gita Devi Firlianingrum, berpesan, “Jaga kekompakan dan ke-solid-an PMR 24, jaga juga keakrabannya sama angkatan atas jangan takut-takut karena kita semua saudara.”










Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.