Lomba Pecah Air : Biarkan Suaraku Jadi Pemandumu

Kamis (25/8) ini merupakan hari keempat dan terakhir diadakan lomba-lomba dalam rangka Merah Putih Smaga 2016. Salah satu lomba yang diadakan adalah pecah air, yang hari ini sudah sampai ke tahap semifinal dan final. Kelas yang lolos ke tahap semifinal adalah kelas XII IPS 3, X MIPA 4, XII MIPA 9, XI MIPA 9, XII IPS 1, X MIPA 7, XII MIPA 8, XII IPS 2, dan XI MIPA 1. Semuanya ada sembilan kelas, sehingga semifinal dibagi menjadi tiga babak dengan peserta 3 tim untuk setiap babak.

Pada salah satu babak, pecah air ini dilakukan sampai tiga kali karena dua ‘kesalahan teknis’ yang dibuat oleh peserta sendiri. Yang pertama, pemukul pelepah pisang masih dibawa pelari kedua dari tim XII IPS 2, namun pelari terakhir sudah berhasil memecahkan kantong air dengan pelepah pisang yang entah diberikan oleh siapa. Yang kedua, pelari terakhir dari XII IPS 2 kembali berhasil memecahkan kantong airnya, namun entah bagaimana kantong-kantong milik tim lain juga ikut pecah. Babak ini memang memakan waktu yang lama, namun berhasil membuat penonton tertawa.

Setelah tiga babak semifinal selesai, acara dilanjutkan dengan final pecah air yang diikuti oleh tiga pemenang dari tiap babak semifinal: XII MIPA 9, XII IPS 1, dan XII IPS 2. Babak final ini berlangsung seru, dengan suporter masing-masing kelas yang sibuk mengarahkan para peserta lomba dengan sorakan-sorakan mereka. Akhirnya XII IPS 1 berhasil keluar sebagai juara pertama, disusul XII MIPA 9 dan XII IPS 2 sebagai juara kedua dan ketiga.

Tiga perempuan anggota tim pecah air dari XII IPS 1 merasa senang dan bangga bisa memenangkan perlombaan tersebut, apalagi karena kebanyakan anggota tim lawan adalah laki-laki. Tim yang terdiri dari Naimatuzzahroh, Fenny Budi, dan Asyifa ini mengaku tidak ada latihan maupun strategi khusus yang mereka gunakan saat mengikuti lomba, mereka hanya berbekal doa restu dari teman-teman sekelas dan tidak takut untuk pulang sore hari setelah lomba selesai. Bahkan suporter yang mengarahkan mereka pun tidak dikoordinasi secara khusus. “Kesadaran sendiri untuk membela kelas,” kata mereka. Kekompakan ini yang membawa mereka berhasil menjadi juara tak hanya dalam lomba pecah air, namun juga dalam lomba makan kerupuk dan tarik tambang.

Hasil lengkap dari seluruh perlombaan Merah Putih Smaga ini akan diumumkan pada acara puncak Sabtu besok, termasuk Putra-Putri Smaga dan Lomba Kebersihan Kelas. Jangan sampai terlewatkan ya, Sobat Wiks!





Tim Juara dari XII IPS 1


Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.