Pelepasan Siswa-Siswi Kelas 12 Tahun 2016

Rabu, 18 Mei 2016 merupakan puncak acara kelulusan siswa siswi kelas 12 SMA Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 bertempat di Gedung Graha Saba Buwana. Acara tersebut diselenggarakan mulai pukul 08.00 WIB. Namun, banyak siswa kelas 12 yang datang sebelum acara berlangsung. Para orang tua murid terlebih dahulu mengisi daftar hadir di lobby dan sudah diperbolehkan masuk serta menunggu di dalam gedung.

Tepat pukul 08.00 acara pelepasan dimulai. Acara dimulai dengan masuknya barisan siswa kelas 12 per kelas beserta wali kelasnya ke dalam gedung, dilanjutkan dengan siswa yang menjadi peringkat 1 per kelasnya. Orang tua murid pun disambut para guru dan putra putri SMAGA yang dilanjutkan dengan tarian jawa dan barisan pembawa bendera oleh pasukan 17 dari siswa kelas 10 dan 11. Sebelum acara dimulai, terlihat juga para pengisi acara seperti, paduan suara, karawitan, serta band SMAGA yang tengah latihan.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh siswa siswi, para guru, maupun wali murid yang telah hadir di acara tersebut. Dilanjutkan dengan penampilan dari paduan suara yang membawakan lagu-lagu daerah yang telah diaransemen. Acara ketiga adalah sambutan dari Bapak Suwardi. Siswa dan wali murid pun disuguhkan penampilan menarik dari tim karawitan dan dilanjutkan oleh band SMAGA. Selanjutnya ialah pembacaan pesan dari kelas 12 yang diwakili oleh ketua MPK dan disambung pembacaan pesan dari kelas 11 dan 10 yang diwakili oleh ketua OSIS. Dan tibalah pada acara puncak yaitu pengumuman dan pemberian penghargaan bagi siswa-siswi yang berprestasi. Mulai dari pemberian penghargaan pada siswa mendapatkan nilai UN tertinggi pada bidangnya,  siswa yang memiliki rata-rata tertinggi dari semester 1 hingga semester 5, siswa yang mendapatkan ranking satu di kelasnya, serta siswa-siswi yang berprestasi baik pada bidang akademik maupun non akademik.

Setelah pemberian piala dan piagam kepada siswa-siswi berprestasi, dilanjutkan dengan prosesi pelepasan siswa-siswi oleh Bapak Makmur Sugeng selaku Kepala SMA N 3 kepada Komite Sekolah.

Kemudian, dilanjutkan pidato singkat oleh Komite Sekolah dan disambung dengan pemberian bunga kepada para guru dari siswa-siswi yang berprestasi. Selanjutnya, adalah pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Yulianto, S.Ag. selaku guru agama. Namun, acara perpisahan belum berakhir sobat wiks. Acara perpisahan ini ditutup dengan adalah sesi foto perkelas dimulai dari kelas Akselerasi, IPS, kemudian MIPA. Sambil menunggu gilirian maju berfoto, wisudawan disuguhkan dengan musik dari orkestra dan irama smaga.

Tahun ini, hasil UN SMA Negeri 3 Surakarta menempati urutan ke-3 kota Surakarta baik dalam bidang MIPA maupun IPS. Walaupun hasil UN sempat menurun dari tahun sebelumnya, tetapi prestasi smaga tetap membanggakan. Dapat dilihat pada hasil SNMPTN SMA Negeri 3 Surakarta atau yang sering kita sebut dengan jaur undangan, tahun ini berhasil meloloskan 168 orang siswa. Dan tidak ketinggalan juga prestasi SMAGA baik dibidang akademik maupun non akademik yang semakin meningkat. SMAGA Widya Karma Jaya! (SAF/LRH/JDN)








Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.