Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kopsis 2013

Subsie koperasi siswa atau yang biasa disebut kopsis SMA Negeri 3 Surakarta menggelar diklat puncak pada Kamis, 21 November 2013 di SMAN 3 lokasi Kerkoff.  Tujuan diadakannya diklat ini adalah agar terdapat regenerasi angkatan baru. Peserta diklat Kopsis angkatan 2013/2014 sendiri berjumlah 9 orang.
Beberapa kegiatan pun dilakukan dalam diklat kali ini, di antaranya yaitu pembekalan dari Bu Kristin selaku pembina Kopsis dan senior baik dari kelas XI maupun XII mengenai Kopsis, berjualan makanan dimana dari 9 peserta tersebut dibagi menjadi 3 kelompok yang menjual makanan yang berbeda – beda, seperti jus jambu, kue, dan makanan ringan. Para peserta juga membawa bandeng untuk makan bersama.
Rachmad Taufik dari kelas XI IPA 2 sebagai ketua pelaksana diklat puncak kopsis menuturkan kendala dalam diklat tersebut adalah tugas para junior tidak segera selesai, diklat yang sering diundur dan masalah perijinan. “Sukanya banyak sih, kita jadi sering ngumpul. Dukanya kita pulang sore, ngorbanin nggak les.” ujar Rachmad. Dia berpesan kepada anggota yang baru dilantik supaya menjaga persaudaraan agar tetap solid.
Luthfia, salah satu peserta diklat dari kelas X IPS 1 mengungkapkan bahwa ia merasa senang sudah diterima. Kegiatan diklat yang paling ia senangi adalah ketika berjualan, karena selain mendapat untung, ia juga bisa belajar bagaimana berusaha. Luthfia juga menambahkan bahwa pada diklat ini, ia memperoleh banyak hal, di antaranya bagaimana mengurus koperasi dan materi kewirausahaan.
Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.