Pagelaran Karya Tari Kelas XI Vol. 1





Hai, Sobat Wiks! Kembali lagi pada event garapan SMA Negeri 3 Surakarta yaitu, Pagelaran Karya Tari kelas XI. Pada volume satu kali ini, terdapat beberapa kelompok yang menampilkan hasil karyanya. Pagelaran dibuka oleh kelompok 1 kelas XI-F2 yang menampilkan tari bertemakan masa kolonial Belanda. Tari ini menggambarkan kesengsaraan para petani yang dipaksa untuk bekerja sangat keras pada masa penjajahan demi mendapatkan upah guna mencukupi kebutuhan hidup keluarga mereka.



          Selanjutnya ada penampilan dari kelompok 3 kelas XI-F2 yang membawakan tari bertema dampak globalisasi. Tarian ini tercipta atas keprihatinan atas keadaan kehidupan masa kini yang dipenuhi oleh teknologi modern sehingga mulai lunturnya budaya dan tradisi masa lalu, tarian ini mengajarkan kita untuk selalu melestarikan dan mengembangkan budaya-budaya yang ada di tanah Indonesia tercinta. Dilanjutkan kelompok 1 kelas XI-F1 yang membawakan tari bertema akulturasi budaya. Menggambarkan banyaknya ragam budaya yang ada di tanah Jawa khususnya wayang orang Punakawan, tradisi dolanan, dan juga batik yang ditunjukkan melalui ragam motif jarik yang digunakan pada penampilan mereka. Tidak lupa, mereka menampilkan perpaduan antara unsur tradisi dan trend masa kini.


Pada urutan penampilan terakhir adalah kelompok 1 kelas XI-F5 yang membawakan tari mengusung kehidupan pada masa kerajaan, yang dimana tari ini menceritakan seorang pangeran yang sedang berkelana bersama prajurit-prajuritnya dari desa ke desa untuk mencari belahan jiwa untuk dijadikan pendamping hidup dan permaisuri kerajaannya.



Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.