Tetes Darah, Secercah Kehidupan, DORAS SMAGA


Hai sobat wiks! Kali ini kami akan memberikan sedikit info mengenai DORAS. Yaps, sebuah kegiatan yang berkepanjangan Donor Darah Siswa ini telah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 16 Agustus 2017 yang berlokasi di Aula SMAGA Kerkoff. Acara yang diselenggarakan oleh subsie PMR dengan menggandeng PMI ini telah dimulai sejak pukul 07.00-13.00 WIB. Dengan persiapan tempat kira-kira setengah hingga satu jam sebelum acara dimulai. Acara ini rutin diselenggarakan dua kali dalam setahun.
Menurut Ketua Pelaksana, Azalia dari kelas 11 MIPA 3,  menyebutkan bahwa acara ini adalah kegiatan kemanusiaan untuk menolong sesama, yang tentu berkaitan erat dengan visi dan misi subsie PMR sendiri. Menurutnya, acara ini memerlukan persiapan kira-kira 2 minggu dengan lebih meningkatkan sarana dan prasarana seperti kelengkapan MMT, kasur dan bantal untuk rehat. Walaupun terbilang singkat, acara ini dapat berjalan dengan baik hingga akhir. Meskipun begitu, terdapat sedikit kendala yakni pada waktu pelaksanaan. Karena waktunya bersamaan dengan try out kelas 12, dan apabila diundur nanti akan lebih mengganggu karena kaleas 12 sudah fokus ke UN. Tetapi, kendala tersebut dapat diatasi, yakni dengan lebih terbuka dengan kelas 12 agar waktu dapat disesuaikan dan tidak mengganggu. Untuk harapan kedepannya, Azalia berpesan agar acara kedepannya lebih matang dan seru dengan partisipan yang lebih banyak lagi.  “Saya senang banyak siswa SMAGA yang antusias mengikuti acara donor darah ini. Tetapi saya harap pada acara donor darah selanjutnya yang datang lebih banyak dan para panitia bekerja lebih baik lagi,” menurut salah seorang panitia, Tarisya, dari kelas 11 MIPA 6.
Menurut salah seorang pendonor, Ghazi Dewa Biru dari kelas 12 MIPA 5,  ia tidak merasakan takut sedikitpun, karena sebelumnya sudah pernah mendonor darah. Dan bahkan, ia ingin lagi untuk menjadi pendonor di lain waktu. Dan kesannya, acara ini sangat seru dan menyenangkan. Namun, ia berharap panitia acara lebih ramah lagi.
Kemudian menurut dr. Anita, seorang dokter dari PMI,  siswa-siswi SMAGA sangat antusias dan berani mendonorkan darah. Namun, ada sedikit kendala dalam tata ruang yang berjarak terlalu jauh, sehingga menyulitkan dokter dan perawat yang harus wara-wiri jika ingin menolong siswa yang lemas. Namun ini tidaklah menyurutkan semangat para panitia dan petugas yang bekerja. Dan untuk harapan kedepannya, semoga antusiasme para siswa-siswi SMAGA bisa lebih lagi dan lebih mantap dalam persiapannya.
Nah, Bu Dokter akan memberikan tips-tips, untuk meminimalkan risiko pingsan setelah mendonorkan darah. Yang pertama, minimal tidur 6-8 jam sebelumnya. Kedua, 3 jam sebelum donor makan nasi dan makanan yang bergizi, juga minum yang banyak. Lalu yang ketiga, jika badan kurang fit, tidak usah dipaksakan. Dan keempat, lebih kuatkan mental dan tidak usah takut melihat teman lain yang pingsan.
Nah sobat wiks, inilah sedikit uraian mengenai kegiatan DORAS kali ini, banyak manfaat yang dapat diambil dan yang jelas ini adalah kegiatan kemanusiaan dengan menyalurkan dan menyumbangkan darah untuk sesama, karena setetes darah kita merupakan nyawa untuk seseorang. Nah, sekian dari kami dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.







Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.