ROSJAM : PRAMUKA SMAGA JAYA!

Hai sobat Wiks! Dewan Ambalan SMAGA telah mengikuti suatu lomba tahunan pramuka yang diikuti oleh 25 kontingen penegak se-Jawa Tengah seperti SMAN 1 Solo, Taruna Nusantara, dari SMA Kebumen, Kudus, dan lain-lain. Tanggal 6-7 Mei 2016, bertempat di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta ini, pasukan lomba pramuka SMAGA mengikuti lomba Rover Scout Jamboree of RAD atau yang biasa disingkat ROSJAM.
Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dengan berbagai macam lomba dan kegiatan . Pada hari pertama yaitu hari Jumat, dilaksanakan upacara pembukaan, seleksi tertulis, presentasi poster dan makalah, pionering, penanaman pohon, dan lain-lain. Sedangkan pada hari Sabtu, dilaksanakan racana mencari bakat, halang rintang, orientering, dan lainnya. Hari terakhir lomba, dilaksanakan PBB dan variasi.
Pasukan lomba pramuka SMAGA sendiri berjumlah 24 orang dari siswa kelas 11 dan 10 yang setiap sanggahnya beranggotakan 12 orang. Lomba ini merupakan lomba pramuka terakhir yang diikuti oleh siswa kelas 11 SMAGA. Pemilihan pasukan lomba oleh SMAGA dilakukan dengan seleksi terlebih dahulu. Dari hasil wawancara dengan Alifah Laila yang merupakan salah satu pasukan lomba dari kelas X MIPA 4 ini, persiapan yang dibutuhkan untuk lomba adalah selama 1 bulan dengan latihan intensif 2 minggu. Bukan tanpa masalah, kendala yang dialami pasukan lomba antara lain keikutsertaan beberapa pasukan lomba ROSJAM dengan lomba lain saat h-2 minggu sebelum lomba ROSJAM dan pelaksanaan Study Tour ke Jakarta untuk siswa kelas 10.
Meskipun belum bisa menjadi juara umum, pasukan lomba pramuka SMAGA telah membawa pulang 5 piala, yakni juara 2 PBB putri, juara 1 pertolongan pertama putri, juara 3 hasta karya putri, dan juara 3 PBB putra, dan juara 3 AD Night. Kesan yang didapat Laila yaitu seru karena lomba yang tidak bisa dilupakan, bisa bersaing dengan lawan yang banyak, menambah pengalaman, dan menjadi tolak ukur untuk ke depan supaya lebih baik. Kita doakan agar pramuka SMAGA bisa menjadi lebih hebat!









Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.