LK2PP: Pramuka Smaga Jaya!

Praja Muda Karana! Hai sobat wiks! Baru-baru ini, pramuka SMAN 3 Surakarta mengikuti perlombaan tahunan yang berjudul “Lomba Kecerdasan dan Ketangkasan Pramuka Penegak” (LK2PP) XI se-eks Karesidenan Surakarta yang diikuti oleh tim pramuka penegak dari berbagai SMA dan setingkat baik negeri maupun swasta. Lomba ini dilaksanakan pada tanggal 16 – 17 April 2016 dan bertempat di Kampus STIAIN Surakarta.
Nah, sekarang kita akan membahas rangkaian acara lomba tersebut. Pada pukul 07.00 – 09.00 para peserta lomba melakukan check in dan dilanjutkan upacara pembukaan hingga pukul 10.00. Pendirian tenda dan ishoma dilaksanakan pada pukul 10.00 – 12.30. Nah, untuk seluruh perlombaan dibagi menjadi 2 hari, pada hari pertama adalah lomba tali- temali, LKTI, hasta karya, dan TEKPRAM. Lomba ini dilaksanakan pada pukul 12.30 – 15.00. Malam harinya, sekitar pukul 19.30 dilaksanakan upacara api unggun yang dilanjutkan penampilan kreasi tari daerah dari masing – masing sekolah. Jadi, pramuka tidak hanya mengajari kita tentang berkemah, sobat. Tetapi kita juga diberi pelajaran untuk selalu melestarikan budaya di Indonesia. Jadi, jangan bolos pramuka ya sobat!
Pada hari kedua, pada pukul 04.00-06.00 para peserta lomba melakukan ishoma dan dilanjutkan olahraga hingga pukul 07.00. Lomba yang dilaksanakan pada hari kedua adalah PBB variasi yang dimulai pukul 09.00. hingga pukul 13.00. Para peserta sudah menampilkan penampilan terbaik mereka, tidak kalah pula SMAN 3 Surakarta yang menampilkan PBB dengan sangat kompak dan semangat. PBB variasi putri mendapatkan urutan tampil ke-4. Sedangkan PBB putra mendapat urutan ke-13. Setelah selesai tampil, semua para anggota pramuka ini langsung melakukan semacam selebrasi dengan bernyanyi dan bergoyang bersama-sama. Mereka bergembira, tidak ada rasa canggung satu sama lain. Memang, kekeluargaan para anggota Dewan Ambalan Smaga ini sangatlah erat. Dan inilah yang perlu kita contoh dari Dewan Ambalan Smaga. Tetap semangat dan kompak apapun yang terjadi. Setelah itu, dilanjutkan ishoma dan pembongkaran tenda. Seharusnya, pengumuman pemenang dilaksanakan pada pukul 14.00 tetapi diundur hingga pukul 17.00. Walaupun begitu, pasukan pramuka SMAGA tetap semangat dan setia menunggu hingga pengumuman pemenang. Dan akhirnya pramuka SMA N 3 Surakarta dapat membawa 2 piala dari ajang lomba tersebut. Yaitu :

1. Juara 2 lomba Hasta Karya oleh regu putri
2. Juara 3 PBB variasi oleh regu putri

Piala tersebut merupakan permulaan yang baik menuju suatu keberhasilan. Keberhasilan mereka tidak lepas dari usaha yang keras dan penuh perjuangan dari setiap pasukan. Menurut Diva, ketua sanggah putri, menyebutkan bahwa persiapan telah dilaksanakan h-1 bulan. Tidak tanpa masalah, banyak kendala yang harus mereka hadapi selama melaksanakan persiapan. Mulai dari kurang siap akan PBB sampai kendala peminjaman kostum untuk lomba tari.
LK2PP ini sangat mengesankan bagi Diva dan anggota yang lain. Mereka bisa mendapat banyak kenalan dari sekolah lain dan tidak hanya mengenal organisasi pramuka dari sekolah sendiri tetapi juga mengenal organisasi pramuka dari sekolah lain. Begitulah kira-kira kesan Diva tentang LK2PP ini. Pokoknya asyik walapun panas. Dan semoga pada lomba yang berikutnya pramuka SMAGA dapat menyumbangkan lebih banyak piala dan kebanggaan bagi SMA N 3 Surakarta. (SAF/WND)






Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.