Smaga Menjadi Tuan Rumah English Debate Competition

National School Debating Competition (NSDC) merupakan lomba debat berbahasa Inggris yang diselenggarakan tiap tahun di Indonesia. Seperti
Pembukaan di Aula
namanya, lomba ini diadakan di tingkat nasional dan pesertanya berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Peserta yang berhak ikut dalam NSDC adalah para wakil dari tiap provinsi. Para wakil provinsi ini adalah para juara dari seleksi tingkat provinsi dan kabupaten atau kotamadya. Untuk tahun 2016 ini, seleksi peserta NSDC tingkat Kota Surakarta dilaksanakan kemarin Selasa (22/3) dengan SMAN 3 Surakarta sebagai tuan rumah.

Suasana Lomba
Lomba yang bertajuk English Debate Competition For Senior High School Of Surakarta ini diikuti oleh dua belas tim dari berbagai SMA di Surakarta, termasuk dari SMAN 3 sendiri. Lomba ini dibagi dalam empat babak: babak pertama, kedua, dan ketiga sebagai babak penyisihan, dan babak keempat sebagai final.

Menyampaikan Argumen
Lomba dibuka pukul 08.00 di aula SMAN 3 Kerkoff. Kemudian perlombaan dilangsungkan di enam ruangan berbeda, satu ruangan digunakan oleh dua tim yang saling berhadapan sebagai tim Affirmative dan tim Negative. Satu tim terdiri dari tiga orang, dan tim SMAN 3 beranggotakan Helmi Fatoni, Monica Gracia, dan Brigitta Kalina. Tiga babak dilewati tim SMAN 3 dengan tiga kemenangan pula, membawa tim SMAN 3 ke babak final untuk melawan SMAN 1 Surakarta.

Setelah debat yang seru, SMAN 3 berhasil keluar sebagai juara pertama yang akan mewakili Kota Surakarta dalam lomba debat tingkat provinsi. Juara kedua diraih SMAN 1 Surakarta, dan juara 3 diraih SMAN 4 Surakarta. Dalam lomba ini tidak hanya juara yang diberi penghargaan. Best Speakers yang ditentukan dari skor masing-masing peserta saat debat juga diumumkan. Dua orang dari tim SMAN 3 berhasil masuk ke Top Five, yaitu Monica Gracia sebagai 1st Best Speaker dan Helmi Fatoni sebagai 5th Best Speaker. Semoga para wakil dari Surakarta ini bisa sukses di tingkat selanjutnya.
Para Pemenang Lomba

Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.