Dibalik Topeng Sandiwara, FEDRASI 2015

    Hai, sobat wiks! Baru-baru ini subsie Studi Teater SMA Negeri 3 Surakarta baru saja mengadakan suatu kegiatan lho. Kegiatan ini berjudul FEDRASI, yaitu singkatan dari Festival Drama dan Musikalisasi Puisi. Fedrasi merupakan salah satu proker rutin subsie studi teater, fedrasi merupakan lomba drama dan juga musikalisasi puisi yang berlangsung sejak Senin, 23 Maret – Sabtu, 28 Maret 2015. Fedrasi diikuti oleh seluruh kelas X dan XI reguler.

    Pada hari pertama yaitu Senin 23 Maret, ST HOHA mengadakan pembukaan Fedrasi dengan menampilkan sebuah lakon berjudul “Kisah Cinta dan Lain-lain”. Sedangkan pada hari kedua, diadakan lomba musikalisasi puisi. Kelas-kelas tampil dengan apik dan antusias. Ada yang menampilkan puisi buatannya sendiri, ada pula yang menampilkan puisi dari pujangga yang sudah terkenal. Pada hari ketiga,keempat, dan kelima merupakan hari berlangsungnya lomba drama. Ada yang menampilkan lakon yang sudah popular, ada pula yang menampilkan hasil karyanya sendiri.

    Sobat wiks, ada yang berbeda nih dari fedrasi tahun ini dibanding tahun lalu, yaitu pada malam penganugerahan selain mengumumkan para pemenang, ST HOHA juga menampilkan lakon berjudul “Orang Kasar” pada Sabtu, 28 Maret. Ada beberapa kategori yang diperebutkan yaitu penyaji terbaik, penyaji terfavorit, aktris terbaik, aktor terbaik dan juara musikalisasi puisi. Kelas X MIA 3 mendapatkan gelar penyaji terbaik, sedangkan penyaji tefavorit dimenangkan oleh kelas XI MIA 6. Aktris terbaik dimenangkan oleh pemeran ‘Ibu Minka’ dari kelas XI MIA 5, sedangkan aktor terbaik dimenangkan oleh guru vampire dari kelas X IIS 2. Sedangkan untuk musikalisasi puisi, juara tiga diraih oleh kelas X MIA 1, juara dua oleh kelas XI MIA 7 dan juara satu oleh kelas X MIA 2.

    Menurut Risma, selaku ketua pelaksana siswa smaga cukup antusias mengikuti kegiatan ini. Kendala yang dialami antara lain kurangnya persiapan dan komunikasi. Risma berharap fedrasi selanjutnya dapat lebih baik. “Karena karya yang terbaik adalah karya selanjutnya,” tutup Risma.



Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.