Pemilu SMAN 3 Surakarta 2014


Hai, Sobat Wiks!
Kalian pasti tau, kan, slogan “Your voice your choice” yang dipasang di aula SMA Negeri 3? Itulah slogan yang digunakan MPK dalam menyelenggarakan pemilu ketua OSIS  yang diadakan Sabtu, 18 Oktober 2014. Tujuan utama kegiatan ini untuk  mengganti pemimpin OSIS  yang akan mengakhiri masa jabatannya. Sedangkan tujuan yang kedua untuk melatih siswa-siswi agar lebih demokratis dalam memilih seorang pemimpin.




                Acara ini diadakan dari jam 06.30 sampai 16.00 WIB. Peserta pemilu adalah siswa kelas X, XI, dan XII. Tak lupa juga siswa-siswi dari program akselerasi. Para peserta terlihat antusias dalam mengikuti pemilu.
“Seneng banget ya pastinya, bisa nyalurin suara walaupun belum 17 tahun. Juga buat latihan milih pemimpin.” Kata Rohma Murtiningsih, X MIA 5.

                Calon ketua OSIS ini diambil dari perwakilan Subsie, sehingga didapat 16 orang. Kemudian perwakilan tiap kelas XI, sehingga didapat 11 orang, dan jumlah totalnya 27 orang.


Tentunya penetapan ketiga kandidat memerlukan proses. Proses pertama diadakan tes. Semua calon menjalani tes pengetahuan umum sebanyak 50 soal pilihan ganda, kemudian diadakan tes wawancara dari pihak OSIS dan MPK. Dalam tes wawancara ini diambil 5 besar calon ketua OSIS dan 10 besar calon wakil ketua OSIS. Setiap kandidat ketua berhak memilih wakilnya.

Setelah ke-5 calon ketua memilih wakilnya, mereka menjalani tes wawancara dari guru, dan diambil 3 pasang. Ke-3 pasang Caketos ini antara lain yang pertama adalah Rizal (XI MIA 5) – Christo (XI MIA 7), yang kedua Galang (XI MIA 2) – Diana (XI MIA 6), dan yang ketiga Fitra (XI MIA 8) – Rima (XI IIS 2). Mereka melakukan orasi pada hari Senin, 13 Oktober 2014 dan kampanye selama 3 hari (Selasa, Rabu, dan Kamis). Aspek yang dinilai dari calon ketua OSIS ini antara lain kemampun dalam memimpin (leadership), prestasi, dan cara berorganisasi mereka.


                Setelah diadakan pemungutan suara, diadakan rekapitulasi suara. Rekap suara ini diadakan sepulang sekolah sampai sekitar jam 16.00 di aula SMA negeri 3 lokasi Kerkoff. Para siswa diinjinkan untuk melihat rekap pemungutan suara yang diadakan pagi harinya. Setelah beberapa jam dilakukan rekap, akhirnya terpilihlah ketua dan wakil ketua OSIS yang dimenangkan oleh pasangan nomor urut tiga, Fitra Hidayat (XI MIA 8) dan Kharima Nur Uswatun Hasanah (XI IIS 2).

                “Alhamdulillah pemilu kali ini bisa berjalan lancar. Kendalanya hanya masalah perijinan dan mengumpulkan calon dari Subsie juga lumayan susah.” Jawab Ketua Pelaksana, Dwi Arti Mustikasari, ketika ditanya tentang hambatan dari kegiatan ini.

Harapan untuk ketua dan wakil terpilih pastinya bisa memajukan OSIS Smaga dan kinerjanya lebih baik dari ketua sebelumnya.

 “Semoga ditangan dia Smaga bisa lancar, nggak ada cekcok antar OSIS-Subsie dan guru, dari pihak OSIS juga bisa membanggakan Smaga. Selain itu kita juga pengen organisasi kita maju, dan OSIS Smaga semakin hitz.” Kata Andreas Nata, selaku panitia.
Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.