Duo Gitaris Folk Pop Warnai AKSEN XVIII

AKSEN 2011 yang menghadirkan Endah N Rhesa sebagai guest star ini telah mendulang kesuksesan. Tebukti dengan antusias penonton yang sangat besar didukung dengan aksi panggung band-band pendukung yang sangat keren.

Nah, kali ini, Wikarya berkesempatan untuk mewawancarai Endah N Rhesa sebelum mereka manggung untuk AKSEN 2011. Mereka cukup senang saat diundang ke Solo. Karena sebelumnya Endah N Rhesa belum pernah menggung di acara pensi sekolah, dan ini adalah kali pertama mereka manggung di Solo. Saat ditanya soal persiapan untuk tampil di AKSEN 2011, duo akustik gitaris ini mengungkapkan bahwa mereka hanya melakukan latihan-latihan rutin seperti biasa, dan menyiapkan kejutan-kejutan kecil untuk AKSEN 2011. Jadi, bisa dibilang hampir tidak ada persiapan khusus. “Ternyata band-band Solo bagus-bagus, keren, penontonnya juga tertib, bisa menghargai genre music yang beragam disini” ungkap Endah mengenai band-band pendukung AKSEN 2011.

Sedikit melenceng dari AKSEN 2011, dan bicara soal album pertama mereka yang dirilis tahun 2009 lalu, Endah sempat mengungkapkan kesulitan yang mereka hadapi. Seperti kendala lagu yang berbahasa inggris, penerimaan masyarakat terhadap musik bergenre folk pop, dan kendala media publikasi. “Tapi syukurlah, album kami bisa diterima dengan baik oleh pasar,” ujar Rhesa.

Endah N Rhesa juga sedikit bercerita tentang pengalaman-pengalaman mereka manggung di luar negeri. Sejauh ini, Endah N Rhesa pernah tampil di Singapura, Malaysia, dan Australia. Dan baru-baru ini, mereka berkesempatan manggung di Kazakhstan dalam forum internasional bertajuk World Economic Forum. Kendala bahasa dan budaya yang berbeda menjadi sesuatu yang membuat mereka kesulitan beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Dan saat ditanya bagaimana tips untuk menguasai pasar dengan genre musik jarang ada di Indonesia, Rhesa sedikit kebingungan menjawab nih, sobat wiks. “Kami cuma punya satu tujuan dalam bermusik, ‘kami hanya ingin bahagia’, udah, cuma itu,” ujar mereka kompak. (DNR/FBR)

Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.