Kebo Bule Fenomenal



Sobat wiks yang budiman.Hehehe.Kali ini, kita wiks crew mau memberikan sedikit informasi tentang "Sang Maskot" Keraton Kasunan Surakarta.Sebelum menuju topik intinya, ada baiknya kita sedikit menengok ritual tahunan yang biasa dilaksanakan oleh Keraton Kasunanan Surakarta.Yap,Ritual tersebut adalah Kirab malam 1 suro, yang rupanya sudah menjadi semacam hiburan wajib bagi masyarakat Solo dan sekitarnya.Upacara ini dilaksanakan setiap tanggal 1 Muharram yang selalu mengundang daya tarik masyarakat kota Solo. Salah satu daya tarik adalah adanya Kebo Bule atau yang juga dikenal Kebo Kiai Slamet.
Nah, ini dia yang akan kita bicarakan.Berbagai cerita tentang asal muasal dan keajaiban Kebo Bule ini telah menjadi keunikan tersendiri, Itu mengapa Kebo ini menjadi ikon dari Upacara tersebut. Keikut sertaan Kebo tersebut dalam Upacara adalah untuk mengawal pusaka-pusaka suci yang dikirab untuk mengitari daerah sekitar Keraton.
Kandang dari kebo ini berada pada alun-alun kidul Keraton Surakarta. Dulu populasi dari Kebo ini 13 ekor dan sekarang tinggal 7 ekor saja, kebanyakan mati karena umur yang sudah tua.
Keanekaragaman Budaya di Indonesia memang harus kita lestarikan sebagai warisan budaya untuk anak cucu kita.dalam hal ini tradisi upacara Kirab pusaka Keraton adalah satu dari banyaknya budaya di Indonesia, begitu pula pada Kebo Bule satu ini maka cintai budayamu, cintai negerimu ! (BAS/GPY)
Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.