Workshop KIR




Workshop Robotic Smaga

Proker gebrakan baru dari subsie KIR (Karya Ilmiah Remaja) yang berhasil menggebrak dunia IPTEK di SMAN 3 Surakarta, baru saja selesai dilaksanakan pada tanggal 29-30 September 2010 yang lalu. Proker Workshop Robot yang mengangkat tema “Rahasia Robot 3PI Pololu” ini merupakan proker gagasan dari kakak-kakak subsie KIR angkatan sebelumnya, dan berhasil terlaksana oleh angkatan subsie KIR tahun ini. Dengan mengambil tempat workshop di SMAN 3 Surakarta lokasi Warung Miri, antusiasme peserta workshop yang sebagian besar berasal dari siswa kelas X dan kelas XI SMAN 3 Surakarta cukup besar untuk memperhatikan dan mempraktekkan pelatihan pemrogaman Robot tipe 3PI jenis Pololu yang dipandu oleh pengajar dari Robota Robotic School Surakarta. Dengan biaya pendaftaran workshop sebesar Rp 25.000,00 peserta mendapatkan fasilitas pengajaran pemrograman beserta software-nya, praktek merakit robot, sertifikat dari Robota Robotic School, snack, sticker, dan pin.

Menurut Teguh Imam Prasetya kelas XI IA 5 selaku ketua pelaksana, “Tujuan diadakannya kegiatan ini disamping untuk memperkenalkan pendidikan pemrogaman robot kepada siswa SMAN 3 Surakarta, juga sebagai ajang mencari bibit-bibit siswa yang handal dalam pemrogaman dan perakitan robot untuk mengikuti olimpiade robotic mewakili SMAN 3 Surakarta nantinya.” Sekadar info pada tanggal 28 November yang akan datang, subsie KIR akan mengirimkan beberapa anggotanya untuk mewakili SMAN 3 Surakarta mengikuti pameran robot di Yogyakarta. Oleh karena itu melalui workshop robot yang diadakan kemarin, diharapkan akan ada robotic-robotic handal yang dapat turut serta mengikuti pameran robot tersebut.

Pengajar dari Robota Robotic School ini telah berpengalaman dalam hal merakit robot. Bahkan sekolah ini juga memiliki 16 cabang diberbagai kota di Indonesia. Selain itu, sekolah ini juga telah mengirimkan banyak siswa didiknya mengikuti olimpiade Robot baik di tingkat nasional maupun internasional. (VD/MUB)

Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.