Hormat bagi Negeri di Tengah Pandemi

   

    SMAN 3 Surakarta menggelar Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-75 pada Senin, 17 Agustus 2020. Upacara diadakan mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 08.00 WIB bertempat di lapangan SMAN 3 Surakarta lokasi Kerkoff atas seizin gugus COVID-19 daerah setempat. 

    Jumlah peserta upacara kurang lebih 30 siswa yang merupakan perwakilan dari Subsie Pasukan Tujuh Belas (PASJUB), Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), dan Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK) SMAN 3 Surakarta. Menyesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini, para peserta diwajibkan untuk menaati protokol kesehatan yang sudah ditentukan dengan menjaga jarak satu meter dan menggunakan masker. Sebelum memasuki area upacara, baik petugas maupun peserta diwajibkan untuk cek suhu tubuh dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sesuai protokol kesehatan.


    Para petugas upacara diambil dari anggota PASJUB SMAGA angkatan 27 yang  terdiri atas satu pemimpin upacara, dua komandan pleton,  tiga pengibar bendera, satu protokol, satu pembaca undang-undang dasar, dan satu ajudan Pancasila. Untuk membatasi jumlah pihak yang terlibat, kelompok paduan suara ditiadakan untuk sementara waktu sehingga digantikan dengan iringan dan lagu yang diperdengarkan melalui pengeras suara.

    Bapak Agung Wijayanto S.Pd, M.Pd selaku pembina upacara membacakan kembali teks Proklamasi untuk mengenang detik-detik Kemerdekaan Indonesia. Dalam amanatnya, beliau menyampaikan kembali sambutan dari Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, yang berisikan pesan untuk tetap semangat walau dalam keadaan sesulit apapun, tidak mudah mengeluh, dan pantang menyerah walau sudah bersusah payah. Amanat diakhiri dengan pekikan merdeka yang disahut oleh peserta upacara dengan semangat.

    Adanya pandemi COVID-19 tidak menghambat semangat jiwa nasionalisme. Para peserta mengikuti upacara dengan antusias dan khidmat. Para petugas upacara memberikan yang terbaik dalam menjalankan tugasnya. Semuanya itu dilakukan demi hormat bagi negeri walau di tengah masa pandemi.


Selamat ulang tahun Ibu Pertiwi! Lekaslah pulih, lekaslah berseri.

Merdeka!

Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.