Cerdas Cermat Ekonomi: The Spirit of Youth in Developing Economy


Hai, Sobat Wiks! Cerdas Cermat Ekonomi (CCE) kembali digelar dengan mengangkat tema “The Spirit of Youth in Developing Economy”. CCE merupakan lomba cerdas cermat di bidang ekonomi yang diadakan oleh subsie Koperasi Siswa (KOPSIS) yang kali ini dilaksanakan pada Jumat, 7 Februari 2020 di ruang Audio Visual (AV) SMAN 3 Surakarta lokasi Kerkoff. Acara dimulai pada pukul 14.30 WIB hingga 16.30 WIB. Para peserta merupakan tiga orang siswa perwakilan setiap kelas 10 yang sebelumnya telah mengikuti seleksi pada Rabu, 5 Februari 2020 di ruang Audio Visual SMAN 3 Surakarta lokasi Warung Miri. Perwakilan kelas yang lolos masuk ke babak semi-final adalah X MIPA 1 (Kelompok A), X MIPA 2 (Kelompok B), X MIPA 3 (Kelompok C), X MIPA 6 (Kelompok D), dan X MIPA 7 (Kelompok E). 


Semi-final terdiri dari sesi soal wajib dan soal lemparan. Pada sesi soal wajib, juri akan membacakan soal yang harus dijawab oleh kelompok yang dituju. Apabila jawaban yang disampaikan salah, maka kelompok bersangkutan tidak mendapatkan poin. Pada sesi ini, poin perolehan setiap kelompok adalah 200 poin untuk Kelompok A, 200 poin untuk Kelompok B, 200 poin untuk Kelompok C, 200 poin untuk Kelompok D, dan 100 poin untuk kelompok E.


Selanjutnya adalah sesi soal lemparan, juri akan membacakan soal pada kelompok yang dituju dan kelompok yang bersangkutan menjawab dalam waktu yang sudah ditentukan. Apabila kelompok yang bersangkutan tidak dapat menjawab soal tersebut, maka kelompok selanjutnya  berhak untuk menjawab soal yang sama. Yang berhak menyampaikan jawaban hanyalah juru bicara setiap kelompok. Untuk sesi kali ini, poin perolehan setiap kelompok adalah 100 poin untuk Kelompok A, 0 poin untuk Kelompok B, 100 poin untuk Kelompok C, 100 poin untuk Kelompok D, dan 100 poin untuk Kelompok E. Melalui kedua sesi tersebut,  yang berhasil lolos dan masuk ke babak final adalah Kelompok A, Kelompok C, dan Kelompok D.

Sebelum masuk ke babak final, diadakan waktu istirahat terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit. Setelah para peserta dan penonton kembali berkumpul di ruang AV, diadakan hiburan berupa permainan yang menggunakan salah satu aplikasi yang dapat diakses melalui Google. Permainan berjalan seru hingga diperoleh tiga pemenang dengan skor terbanyak.


Babak final diisi dengan sesi soal rebutan. Juri akan membacakan soal dan para peserta diharuskan mengangkat bendera terlebih dahulu untuk menjawab. Apabila jawaban yang disampaikan benar, peserta akan mendapatkan poin sebanyak 100. Sedangkan jawaban salah akan mendapatkan pengurangan poin sebanyak 50. Pada babak final, diperoleh poin bagi setiap kelompok, yaitu 500 untuk Kelompok A, 250 untuk Kelompok C, dann 100 untuk Kelompok D. Dengan demikian, Kelompok A keluar sebagai juara pertama, Kelompok C sebagai juara kedua, Kelompok D sebagai juara ketiga, kelompok B sebagai juara harapan pertama, dan Kelompok E sebagai juara harapan kedua.

Abdillah Pramesthi Purwaning Tyas (XI MIPA 5) selaku ketua pelaksana  menyatakan bahwa tujuan diadakannya CCE kali ini adalah untuk mengajak para milenial untuk bisa lebih mengenal, mempelajari, dan mengatur ekonomi supaya kelak bisa menjadikan para milenial ini orang yang sukses. Terdapat beberapa kendala dalam mempersiapkan CCE kali ini. Panitia yang hampir seluruhnya perempuan membuat mereka sedikit kewalahan dalam mengurus sarana dan prasarana. Walau demikian, Abdillah mengungkapkan bahwa CCE tahun ini berjalan seru. Ia berharap CCE selanjutnya bisa lebih baik, lebih sukses, dan para pesertanya bisa lebih berkompeten.

Semoga lomba Cerdas Cermat Ekonomi bisa menjadi ajang bagi para siswa untuk bisa lebih mengenal dan memperdalam dunia perekonomian.




Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.