Lomba Monolog SMA/SMK Artefac 2016

ST HOHA di Artefac 2016
Hai Sobat wiks! Kemarin Minggu (6/3) Study Teater HOHA mengikuti lomba monolog SMA/SMK dalam rangka Artefac UNS 2016 yang diselenggarakan di Taman Budaya Jawa Tengah. Artefac UNS (Art and Sport Appreciation of Economy and Business Faculty of UNS) ini diselenggarakan tiap tahun oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS untuk mengapresiasi seni dan olahraga. Artefac kali ini diselenggarakan dalam rangka lustrum kedelapan UNS. Lomba yang diadakan tidak hanya lomba monolog saja, tetapi ada basket, dance, dan lain-lain. Tetapi kali ini kita hanya akan membahas tentang lomba monolog yang juga diikuti oleh Study Teater HOHA dari SMA Negeri 3 Surakarta.

ST HOHA sudah mempersiapkan pementasan untuk lomba ini sejak lama.
Persiapan di ruang rias
Latihan dimulai sejak Ulangan Tengah Semester lalu. Kru pendukung juga telah lama dipersiapkan. Memang, yang tampil di panggung hanya satu aktor saja, tetapi di balik itu ada banyak personil yang ikut mendukung. Tim pendukung ini diperlukan untuk menyiapkan kostum, dekorasi panggung, pencahayaan, riasan, tata musik, pembiayaan, dan
Merias aktor
lain-lain. Seperti yang dikatakan oleh juri lomba monolog ini, penyajian teater merupakan sebuah kesatuan dari banyak komponen: penampilan aktor, penyutradaraan, tata suara, artistik, dan lain-lain. Intinya, keberhasilan pementasan teater adalah keberhasilan tim, bukan perorangan.

Penataan panggung

Penampilan dari teater lain
Lomba monolog yang diikuti oleh 7 sekolah ini berlangsung dari pukul 12.30 sampai pukul 21.30. Pertama diadakan orientasi panggung selama 15 menit untuk tiap sekolah dimulai dari peserta terakhir hingga pertama. Pukul 14.30 orientasi panggung selesai dan dilanjutkan dengan briefing dan persiapan panitia hingga pukul 15.30.

Penampilan ST HOHA

Open gate untuk umum mulai dibuka pukul 15.30 dengan membeli tiket seharga Rp8.000,00/orang. Acara dimulai pukul 15.40, dilanjutkan dengan penampilan tiap peserta selama 30 menit. Ada tujuh teater yang menampilkan monolog, yaitu: Teater 9 dari SMK Negeri 9 Surakarta, Teater Timboel dari SMA Negeri 5 Surakarta, Teater Emwe milik SMA Negeri 6 Yogyakarta, Teater Tenda milik SMA Negeri 2 Karanganyar, Teater Biroe dari SMA Santo Yosef Surakarta, Teater Nglilir dari SMA Negeri 1 Karanganyar, dan yang terakhir ST HOHA SMA Negeri 3 Surakarta.

Penampilan ST HOHA
Pukul 21.15 sambil menunggu juri merundingkan hasil lomba, diadakan sarasehan antar teater serta penyampaian kritik dan saran bagi panitia. Setelah selesai berunding, dewan juri mengumumkan juara Lomba Monolog SMA/SMK Artefac UNS 2016 sebagai berikut :


1. Penyaji Terbaik 1           : Teater Nglilir (SMA Negeri 1 Karanganyar)
2. Penyaji Terbaik 2           : Teater Biroe (SMA Santo Yosef Surakarta)
3. Penyaji Terbaik 3           : Teater Tenda (SMA Negeri 2 Karanganyar)
4. Penata Musik Terbaik : Teater Biroe (SMA Santo Yosef Surakarta)
5. Penata Artistik Terbaik : Teater Nglilir (SMA Negeri 1 Karanganyar)

Walaupun kali ini belum meraih juara, ST HOHA telah menampilkan yang terbaik. Semoga di kesempatan yang akan datang bisa meraih kejuaraan seperti yang diharapkan.

Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.