MOPDB 2015 : KREMESAN (Akrab Menyenangkan & Berkesan)

     Hai sobat wiks, pada tanggal 9-11 Juli kemarin, SMA Negeri 3 Surakarta melaksanakan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB). MOPDB tahun ini diikuti oleh 351 siswa baru yang dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok Nusa dan kelompok Bangsa. Tujuan dari MOPDB ini adalah untuk mengenalkan para peserta didik baru pada lingkungan SMA Negeri 3 Surakarta.

     Kegiatan ini diawali dengan Apel bersama pada hari Kamis, 9 Juli. Setelah itu, para peserta diberi pembekalan mengenai Wawasan Wiyata Mandala dan NKRI . Di hari pertama ini para peserta juga belajar menyanyikan Mars Smaga dan Hymne Smaga yang dipandu oleh para anggota subsie Kesenian Nasional (Kesnas).

     Kemudian pada hari kedua, peserta dijelaskan mengenai kurikulum yang diterapkan di SMA Negeri 3 Surakarta. Mereka juga mendapat penjelasan tentang pentingnya keamanan berkendara oleh Kepolisian Kota Surakarta. Untuk lebih mengenal lingkungan SMA Negeri 3 Surakarta, peserta diajak untuk berkeliling dan mengobservasi lingkungan sekolah.   






     

     Pada hari ketiga yang juga merupakan hari terakhir MOPDB, seperti biasanya diawali dengan pemeriksaan ketertiban oleh panitia. Dilanjutkan dengan penyuluhan tentang narkoba dan HIV/AIDS, usai penyuluhan disambung dengan materi bela negara dan ketahanan nasional. Pada hari ini juga diperkenalkan organisasi di SMA Negeri 3 Surakarta yaitu OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dan MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas) kemudian seluruh rangkaian acara diakhiri dengan upacara penutupan.

     Menurut Alif selaku ketua pelaksana, MOPDB tahun ini mengalami kendala karena jatuh pada bulan Ramadhan dan hanya diberi waktu selama tiga hari, sehingga panitia tidak bisa berkreasi. “Banyak sukanya dan tidak ada dukanya,” tutur Harid Sulafi, salah satu peserta MOPDB. Ia mengaku senang dapat berkenalan dengan banyak teman baru. “Semoga MOPDB tahun depan lebih baik, lebih seru dari tahun ini agar adik kelas lebih terdidik,” pesan Ewen, salah satu panitia.
Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.