Pasjub jadi paski Solo

Suatu hal yang membanggakan jika siswa SMA Negeri 3 Surakarta menjadi seorang paski Solo. Ehm,,sebelum kita mengetahui lebih banyak tentang Pasukan 17 yang menjadi Paski Solo, kita harus mengetahui lebih dulu apa itu Pasukan 17 dan apa itu Paski Solo.
Pasukan 17 atau yang sering kita kenal Pasjub adalah sebuah organisasi di SMA Negeri 3 Surakarta yang beranggotakan 17 orang dan mempunyai tugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada hari tertentu. Sedangkan Paski sendiri mempunyai organisasi yang disebut PPI atau Purna Paskibraka Indonesia. PPI beranggotakan 58 orang. Menjadi seorang PPI itu susah juga lho. Diantaranya, mereka harus pandai berbahasa jawa, Inggris ,dan menguasai tentang kesenian,baik daerah maupun nasional. Mereka juga harus mempunyai postur tubuh, fisik, dan kepribadian yang baik. Diantara anggota pasjub yang terpilih menjadi PPI adalah Bondan Wicaksono ( XI IS 2) dan Aan Rudianto ( XI IS 1 ).
“saya ingin membuat pasjub lebih dikenal, menambah teman, membahagiakan orang tua, dan menambah pengalaman .” jawab Aan saat ditanya motivasinya. Menurutnya, banyak persiapan yang ia lakukan untuk menjadi seorang paski.
“saya senang menjadi seorang paski, tapi dirasa kesenangan itu , saya juga haus tanggung jawab atas semua perbuatan yang saya lakukan. Dan otomatis makin banyak tantangannya. “ kata Aan.
Setelah tau apa itu Paski, diharapkan tahun ini ada pengganti Aan dan Bondan agar nama SMA Negeri 3 Surakarta tetap ada menjadi Paski Solo.

Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.