Indonesia Go Paperless


Halo sobat  WIKS? Beberapa hari lalu, tepatnya  pada hari Sabtu tanggal 20 Oktober 2012. SMA Negeri 3 Surakarta kedatangan tamu istimewa dari komunitas Java Green Indonesia atau  JGI. Komunitas ini melakukan road show ke berbagai daerah di Indonesia untuk mensosialisasikan pentingya pengurangan dalam penggunaan kertas. Sosialisasi dilakukan melalui media masa dan kerjasama dengan berbagai sekolah. kali ini Komunitas Java Green Indonesia (JGI) mengadakan seminar di SMA Negeri 3 Surakarta.
Di seminar ini kita di beri fakta tentang luar biasanya dampak penggunaan kertas bagi bumi kita. Siapa sangka kertas juga berpengaruh pada pemanasan gobal. Semakin banyak menggunkan
kertas berarti semakin banyak pohon yang ditebang.  Dan di sini kita diajak untuk menjadi pribadi yang peduli terhadap lingkungan mulai dari hal yang paling sepele. Contohnya menghemat kertas dan mendaur ulang kertas bekas menjadi barang yang lebih berguna. seperti prinsip yang dipegang oleh komunitas JGI yaitu 3R atau Reuse, Reduce dan Recycle.
Seminar dilanjutkan dengan kegiatan pemanfaatan kertas. Para peserta seminar di bagi menjadi dua kelopok dimana Kelompok pertama diajak untuk membuat kertas daur ulang dari kertas bekas. Pertama panitia memberi contoh bagaimana membuat kertas daur ulang, kemudian diikuti oleh para peserta seminar. Para peserta seminar juga dapat berdiskusi dengan panitia mengenai daur ulang kertas. Sedangkan kelompok kedua di bagi menjadi empat kelompok dimana masing-masing kelompok  diajak untuk membuat kreasi kertas berdasarkan solusi permasalahan lingkungan  dan membuat  kata-kata inspiratif mengenai go green.
Kegiatan terakhir adalah kesimpulan dari kegiatan seminar, juga pembagian hadiah bagi peserta yang dapat menjawab pertanyan dari panitia, kelompok yang mempunyai solusi terbaik terhadap permasalahan lingkungan dan kelompok yang memiliki kata-kata paling inspiratif. Hadiah berupa hasil kerajinan tangan dari kertas bekas yang indah dan unik. Tidak hanya itu, panitia juga memberikan hadiah berupa buku .
“Dengan diadakannya road show ini saya berharap dapat mengajak generasi muda  melakukan gerakan perubahan dan menyelamatkan bumi dimulai dengan menghemat, dan memanfaatkan kertas sebaik-baiknya.” Ujar Kak Anisa selaku ketua pelaksana dari kegiatan tersebut. “Di sini kita juga mengajak orang-orang  membuat kerajinan tangan dari kertas bekas sehingga bisa menjadi barang yang lebih berguna dan tentunya memiliki nilai jual” lanjutnya.
Bagaimana sobat WIKS? Sudahkah kalian menghemat kertas? semua dimulai dari diri sendiri lho. Sepele, tapi dampaknya besar bagi bumi kita. Bagi yang ingin gabung di komunitas ini, kalian bisa follow twitter komunitas java Green Indonesia di @idGoPaperless.  Ayo wujudkan bumi yang lebih hijau!
Copyright © 2008-2015 WIKARYA SMA NEGERI 3 SURAKARTA. All rights reserved.